Rabu, 20 April 2011

Am I Evoluting?

Jika di tanya apakah seseorang itu berevolusi???? Tentu saja jawabannya"ya". Pengertian evolusi adalah perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dari sederhana menuju ke arah yang lebih kompleks sesuai dengan tahap dan jangka waktu. Saat manusia di lahir kan,ia masih membutuhkan bantuan Sang ibu untuk kehidupan nya hingga pada akhirnya ia dapat berdiri sendiri. Perubahan yang terjadi pada tiap manusia ialah fisik,tingkah laku,dan pemikiran. Secara alamiah,fisik pada saat kita pertama di lahirkan berbeda saat kita menginjakkan usia remaja. Saat bayi,ukuran kira-kira 3 kg dengan tinggi sekitar 45cm.Usia semakin bertambah dan tingkat kebolehan menuju tahap berikut nya berlangsung. Mulai dari tahap belum bisa berjalan,belum bisa berbicara,belum bisa merangkak,belum bisa tengkurap,belum bisa telentang,belum bisa makan,belum bisa menulis,belum bisa membaca sampai ia dapat melakukan nya sendiri dengan pelatihan dalam membina nya ke arah yang lebih baik. Saat memasuki masa selanjutnya,masa menstruasi pada perempuan berpengaruh pada pertumbuhan badan. Pada masa ini merupakan masa pembentukan pada remaja.
Dari pola tingkah laku,perilaku seseorang dapat berubah. Dia akan lebih bisa berfikir yang lebih baik kedepan. Mengerti akan perilaku sopan santun dan lebih menghargai orang di sekeliling nya. Pemikiran anak-anak dengan orang yang telah menginjak dewasa itu berbeda. Saat anak-anak mereka hanya dapat berfikir pendek tanpa dapat mempertimbangkan apa yang akan terjadi ke depannya. Berbeda dengan orang dewasa,pemikiran orang dewasa dalam mengambil tindakan pun dapat memilah lebih dulu apa yang akan di lakukan. Jadi resiko dalam tindakan tersebut dapat di ketahui besar kecil nya resiko tersebut. Makhluk hidup yang memiliki pemikiran dan pandangan ke arah yang lebih baik dapat memperoleh kehidupan ke depan dan mampu berinteraksi dengan lingkungannya.

Tingkat perkembangan dari masa pranatal itu jauh berbeda dengan masa perkembangan ke arah dewasa. Makhluk hidup yang dapat memenuhi kebutuhan nya maka ia mampu bertahan hidup demi kelangsungan hidup nya. Tetapi bagi makhluk hidup yang tidak mampu bertahan hidup maka ia akan punah . Sesuai dengan Teori Lamarck,Setiap makhluk hidup mengalami perubahan sesuai dengan adaptasi lingkungan . Siapa yang mampu beradaptasi maka ia dapat bertahan hidupdan mampu meneruskan keturunan nya. Semua terjadi akibat seleksi alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar