Senin, 19 Maret 2012

Contoh kasus kesehatan mental yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari


Seperti yang kita ketahui bahwa 'Kesehatan mental' ialah kemampuan seseorang menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan perkembangan sesuai kemampuannya, baik tuntutan dalam diri sendiri maupun luar dirinya sendiri, seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah, sekolah, lingkungan kerja dan masyarakat serta teman sebaya.
Ada beberapa kasus mengenai kesehatan mental di dalam kehidupan sehari hari di yang terjadi di masyarakat. Salah satu nya mengenai tanda tanda orang kecanduan penggunaan facebook atau situs jejaring sosial lainnya merupakan sebuah laporan baru  yang menyebutkan bahwa kecanduan jejaring sosial juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasi diri. Selain itu dengan sering menggunakan jejaring sosial dapat mengurangi waktu untuk berkomunikasi baik dengan keluarga maupun teman di sekitar karena lebih memilih untuk menatap layar dan tidak ingin terpisah terlalu lama. Perilaku seperti ini mampu meningkatkan resiko kesehatan serius, seperti kanker, stroke, penyakit jantung dan dementia (kepikunan), demikian menurut Dr. Aric Sigman dalam the Biologist, jurnal yang di rilis oleh The Institute of Biology. 
Media Elektronik juga menghancurkan secara perlahan lahan kemampuan anak-anak di kalangan muda untuk berkemampuan sosial dan  membaca bahasa tubuh. Salah satu perubahan yang terjadi adalah pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit perhari. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, maka akan mengalami cidera tekanan berulang-ulang. Penyakit punggung merupakan hal umum yang terjadi pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer. Jika malam hari, masih sibuk menggunakan jejaring sosial tersebut, maka akan mengalami kekurangan waktu tidur. Kehilangan waktu tidur dapat menyebabkan kantuk yang berkepanjangan,sulit konsentrasi dan depresi dari sistem kekebalan.
Seseorang yang menggunakan komputer terlalu lama dapat mengakibatkan gangguan fisik yang lemah dan bahkan dapat mengakibat kan obesitas. Tidak heran, jika Dr. Sigman mengkhawatirkan arah dari masalah ini. Situs jejaring sosial seharusnya dapat menjadi pelengkap untuk kehidupan kita dengan meningkatkan kualitas hidup,tetapi yang terjadi adalah tidak  menjadi alat meningkat kan kualitas hidup, melainkan alat yang membuat kita salah arah.
Jadi, dapat di simpulkan secara psikologis bahwa orang yang tidak mampu menyesuaikan dirinya terhadap berbagai tuntutan perkembangan baik diri maupun orang lain akibat dari kesibukan penggunaan jejaring sosial yang berlebih yang akhirnya mengurangi interaksi sosial terhadap orang lain  dapat mengganggu kesehatan mentalnya dalam menyesuai kan diri dengan lingkungannya. Bukan hanya mental, tetapi itu juga dapat terjadi pada gangguan kondisi fisik.


sumber.
http://bigsidik.blogspot.com/2011/02/kesehatan-mental.html
http://episentrum.com/artikel-psikologi/efek-psikologis-facebook-bagi-kesehatan-mental/

1 komentar:

  1. Berhubungan dengan berlakunya tugas softskill untuk tugas portofolio. ada baiknya blog ini terhubung dengan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ thanks

    BalasHapus